Tips Perawatan dan Servis Rem Cakram Kendaraan

Bubut Rem Cakram dan tromol memang perlu dilakukan bila mana mobil mengalami problem seperti pedal rem bergetar ketika dilakukan pengereman baik dalam kecepatan tinggi maupun rendah, atau setir juga terasa bergetar saat injak rem, termasuk juga bila ditemukan dilema berbentuktromol atau drum brake yang aus dalam sehingga tromol tadi sukar dilepas.

Membubut cakram ataupun tromol ini tentu mempunyai nilai hemat yang lebih bila dibandingkan kita pribadi mengganti dengn tromol dan cakram gres mengenang harga baru jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya bubut yang mungkin hanya di kisaran 150ribu sampai 300rb per biji.

Waktu Yang Tepat Untuk Bubut Rem Cakram

Tentunya sebelum melakukan pembubutan pihak bengkel akan melaksanakan pengukuran menggunakan alat khusus yang bernama dial gauge untuk menyaksikan seberapa jauh tingkat keolengan dari disc brake yang akan dibubut.

Serta mengukur menggunakan jangka sorong atau sketch match untuk menghitung lebar diameter tromol yang akan dibubut. Di cuilan tromol biasanya terdapat instruksi angka ( bila tidak ada biasanya ada di buku panduan bengkel ) yang memperlihatkan berapa panjang diameter optimal tromol yang diperbolehkan dan nantinya hasil pengukuran ini akan dijadikan contoh dalam membubut. Misalnya saja diameter sudah terlalu lebar dan tidak dapat dibubut lagi, tentunya bengkel juga tidak akan berani melanjutkan ke tahap pembubutan dan menyarankan di ganti tromol gres.

Untuk aman atau tidaknya tentu saja akan sungguh kondusif jikalau dilakukan di bengkel yang memang andal menangani hal mirip ini ataupun di bengkel resmi karena memang di bengkel resmi info tentang mobil kalian akan sangat cocok. Makara jangan ragu membubut cakram maupun tromol kendaraan beroda empat yang memiliki masalah selama bengkel mampu menjelaskan hitung – hitungan dari hasil pengukuran yang diperoleh serta menjamin keamanannya.

Cek masa garansi

Oh iya sebelum kalian memutuskan membubut disc brake yang memiliki masalah tadi, alangkah baiknya kalian tanyakan apalagi dulu soal garansi dari komponen tersebut apakah masih di cover dengan garansi ataukah sudah habis masa garansinya. Karena biasanya komponen tertentu mirip disc brake ini juga memiliki garansi dimana biasanya bila mengalami kerusakan sebelum jarak tempuh di kilometer tertentu atau pada penggunaan dalam periode waktu tertentu, bisa diajukan klaim garansi yang artinya kalian akan menerima disc brake pengganti secara cuma – cuma dengan syarat disc brake belum dbubut.

Namun bila masa garansi ternyata sudah habis barulah ambil opsi kedua yakni kerjakan pembubutan sebagai langkah mengatasi duduk perkara setir getar dikala di rem, pedal rem getar saat di rem dan problem lain yang masih bekerjasama dengan rem cakram kendaraan beroda empat.

Nah itulah kira kira informasi tentang bubut rem cakram, semoga jadi informasi yang bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Vidia Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *