Cara Menambah Wawasan Dan Pengetahuan Global Kepada Anak

Pengetahuan Global Untuk Anak – Di era globalisasi ini semua hal perlu dipersiapkan biar tidak tertinggal, tergolong membekali anak dengan pengetahuan – pengetahuan global demi masa depannya nanti. Mengetahui semua negara-negara yang ada di dunia ini mampu menimbulkan sebuah pengetahuan untuk anak. Dimana hal tersebut menjadi salah satu bekal untuk menghadapi kurun globalisasi.

“Mengajarkan anak wacana negara-negara yang ada di dunia ini memang sesuatu yang cantik, terutama untuk ke depannya nanti,” tutur psikolog dari Universitas Tarumanagara Jakarta Henny E Wirawan M Hum Psi.

Pentingnya Pengetahuan Global Untuk Anak

Mengenal dan Explore Negara

Dia mengatakan, mengenalkan anak pada negara-negara lain di dunia yaitu hal yang bagus. “Mengenalkan pada negara tidak usah yang jauh – jauh dahulu, cukup diawali dari negara tetangga, contohnya Singapura atau yang sekitar Asia saja juga tidak persoalan,” ujar Henny yang juga praktik di rumahnya di kawasan Grogol.

Henny melanjutkan, objek yang dijelaskan pada anak bisa dimulai dari apa yang populer dari negara tersebut. Misalnya objek pariwisata, budaya, atau warna bendera. Mengenalkan terhadap anak pun bisa melalui berbagai media, seperti internet, televisi, atau majalah. “Sebenarnya, dikenalkan mampu lewat apa saja , namun yang lebih anggun yakni dikenalkan melalui internet atau buku-buku. Yang pasti dikenalkan lewat gambar lebih elok,” ucapnya.

Cara mengenalkan tentang Negara

Cara mengenalkan pada anak, Henny menyebutkan, sebaiknya sambil bermain. Karena dengan bermain ini, bawah umur akan lebih cepat menyerapnya. Adapun umur yang maksimal untuk mengenalkan negara-negara dunia pada rentang umur 4-5 tahun. “Di umur itu, anak sedang senang-senangnya bermain dan ingin tahu banyak. Selain itu, pada umur tersebut, anak dibawah umur juga mampu menyerap lebih baik apa yang dipelajarinya,” paparnya.

Ternyata ada faedah kejiwaan yang ditemukan si anak dalam mempelajari dunia ini. Di antaranya, si anak jadi bisa lebih kreatif, wawasan bertambah luas, besar hati sebab mempunyai pengetahuan yang berbeda dibandingkan yang lain. “Anak yang berpengetahuan luas akan lebih gembira, inovatif, dan pandai. Selain itu, si anak juga memiliki nilai tambah,” kata Henny.

Berkeliling dunia memang keinginan siapa pun, termasuk anak dibawah umur. Dengan tujuan mengenal aneka macam macam kebudayaan maupun kebiasaan yang diketahui dari berbagai negara tentu saja menyenangkan.

Persiapan anak

Mempersiapkan anak untuk menghadapi periode globalisasi, itulah yang menjadi tujuan digelarnya Morinaga Chil Kid dan Chil School Platinum. Salah satu produk dari Kalbe Nutritionals menggelar acara yang bersifat edukatif bagi belum dewasa yang rampung bulan kemudian itu. “Anak-anak zaman sekarang mesti dipersiapkan untuk menghadapi kala globalisasi. Mereka mesti siap menghadapi kala tersebut. Salah satunya mengenalkan mereka dengan negara-negara yang ada di seluruh dunia ,” ucap Manager Product Group Morinaga , Heli Octaviana.

Acara tahunan bertajuk “The World of Platinum Generation” kali ini mengajak belum dewasa berkeliling dunia mengenal budaya dan alam berbagai benua. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mendukung secara positif tumbuh kembang generasi platinum Indonesia sebagai aset bangsa yang bernilai.

“Semua kegiatan yang berlangsung ini diselenggarakan dan dibungkus untuk berbagi pola multiple intelligence (kecerdasan majemuk) yang dimiliki bawah umur generasi platinum Indonesia.Di antaranya kecerdasan natural, matematis logis, olah tubuh, ruang dan bangun, bahasa dan sebagainya,” ucap Heli.

Salah satu hadirin yang juga menemani anaknya bermain ke arena Morinaga, Ny Reiana, mengaku senang ada program mirip ini. “Anak saya senang bermain di sini, walaupun anak saya belum pernah keliling dunia, namun dari adanya program ini, saya bisa mengajak bermain sekaligus belajar mengenai apa yang khas dari negara-negara di dunia,” tutur ibu dari putrinya yang berumur 4 tahun ini.

Demikian artikel tentang seberapa penting pengetahuan global untuk anak-anak, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Vidia Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *